ANALISIS ARTIKEL - LBF 3 - PENDEKATAN KONTRUKTIFISME
ANALISIS ARTIKEL
DOI : https://doi.org/10.33369/jkf.5.3.193-200
Novelty pada penelitian
Kebaruan atau novelty dalam artikel ini terletak pada penerapan pendekatan konstruktivis melalui model Project Based Learning (PjBL) dalam mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika. Penelitian ini menekankan pentingnya konstruktivisme, yang memungkinkan mahasiswa membangun pengetahuan melalui pengalaman langsung. Dengan menggunakan model PjBL yang terstruktur, mahasiswa terlibat dalam proyek nyata yang memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan relevan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kreatif dan kritis mahasiswa, yang diukur melalui observasi dan tes, memberikan bukti empiris tentang efektivitas metode ini. Selain itu, fokus pada mahasiswa pendidikan fisika menambah konteks dan relevansi dalam bidang pendidikan yang lebih luas. Dengan demikian, artikel ini memberikan kontribusi baru dalam bidang pedagogi, khususnya dalam penerapan metode yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir mahasiswa.
Analisis Artikel
Judul :
Penerapan Pendekatan Konstruktivis Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kritis Mahasiswa
Identitas Artikel :
Medriati, R., Risdianto, E., & Purwanto, A. (2022). Penerapan pendekatan konstruktivis menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada mata kuliah strategi pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis mahasiswa. Jurnal Kumparan Fisika, 5(3), 193-200. https://doi.org/10.33369/jkf.5.3.193-200
Tujuan Penulis :
Tujuan penulis dalam artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa setelah diterapkannya pendekatan konstruktivis menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika. Penulis ingin menunjukkan efektivitas metode ini dalam meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa, serta memberikan bukti empiris melalui penelitian tindakan kelas yang melibatkan tiga siklus pembelajaran. Selain itu, penulis juga bertujuan untuk memberikan saran bagi dosen agar menerapkan pendekatan serupa dalam mata kuliah lain untuk meningkatkan keterampilan berpikir mahasiswa secara keseluruhan.
Fakta-fakta artikel berkaitan dengan desain penelitian bagian 1 :
· Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah PTK
· Desain penelitian yang digunakan adalah model siklus
· Sumber data dalam penelitian ini 30 Mahasiswa
Refleksi Diri :
Pentingnya penerapan pendekatan konstruktivis dan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar. Saya terinspirasi oleh pengalaman penulis yang menunjukkan perlunya fleksibilitas dan adaptabilitas dalam mengajar. Interaksi yang baik dengan mahasiswa juga sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif. Refleksi ini mendorong saya untuk terus mengevaluasi dan memperbaiki metode pengajaran saya, serta berkomitmen untuk menerapkan lebih banyak elemen pembelajaran berbasis proyek agar pengalaman belajar mahasiswa menjadi lebih bermakna.
Saran:
Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar peneliti mengeksplorasi kombinasi pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan metode lain, seperti pembelajaran berbasis masalah, atau STEM untuk melihat dampaknya terhadap keterampilan berpikir mahasiswa.
Komentar
Posting Komentar