Analisis Artikel Metode Penelitian_1

 



DOI: https://doi.org/10.31539/spej.v4i2.1899

ANALISIS ARTIKEL

Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa


Novelty pada penelitian

Penelitian ini berupaya menerapkan model pembelajaran yang baru, yaitu model pembelajaran Treffinger, dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa. Model ini belum banyak diterapkan dalam pembelajaran fisika di sekolah. 


Analisis Artikel

Judul :

Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa

Identitas Artikel :

Khusna, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 131–140.

Tujuan Penulis :

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa dalam pelajaran Fisika melalui model pembelajaran Treffinger. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.

Fakta-fakta artikel berkaitan dengan desain penelitian bagian 1 :

·       Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen

·       Desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest-Postest

·    Sumber data dalam penelitian ini antara lain hasil angket motivasi belajar sebelum dan sesudah dilakukan penerapan model pembelajaran serta lembar observasi



Refleksi Diri :

Bertambah pengetahuan tentang model pembelajaran Treffinger yang relatif baru diterapkan dalam pembelajaran fisika. Model ini didisain dengan baik untuk mengembangkan kreativitas siswa. Hasil penelitian empiris membuktikan model ini berpotensi meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa. Ini menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut dalam bidang pembelajaran lain.

Membaca penelitian ini  membuka pengetahuan baru bagi peneliti selanjutnya mengenai bagaimana menentukan model pembelajaran yang lebih efisien.

 

Saran:

Dalam penelitian selanjutnya metode ini dapat diterapkan pada subjek yang berbeda sehingga hasil belajar dan motivasi siswa juga meningkat pada materi lainnya.

 

Artikel ini adalah salah satu desain penelitian kuantitatif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Artikel - LBF 1

PRESENTASI_KELOMPOK 4_IMPLEMENTASI BELAJAR BERDASARKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TUTORING, DAN STRUCTURING SMALL-GROUP WORK