ANALISIS ARTIKEL- METPEN 15

ANALISIS ARTIKEL


LINK

KLIK DISINI

 Novelty

Penelitian ini menggunakan pendekatan web-based physics program yang digabungkan dengan metode pengajaran tradisional untuk mengatasi kesalahpahaman siswa tentang konsep gaya dan gerak dalam fisika. Pendekatan ini memberikan perspektif baru dengan memanfaatkan teknologi berbasis web untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Judul
"Dealing with Misconceptions About Force and Motion Concepts in Physics: A Study of Using Web-Based Physics Program"

Materi
Konsep gaya dan gerak dalam fisika, termasuk kesalahpahaman umum siswa tentang kinematika, gaya, dan gerak dua dimensi.

Tujuan Penelitian
Menganalisis efektivitas program fisika berbasis web dalam mengurangi kesalahpahaman siswa tentang konsep gaya dan gerak jika dibandingkan dengan pengajaran tradisional saja.

Jenis Penelitian
Penelitian eksperimen dengan pendekatan kuasi-eksperimen.

Desain Penelitian
Menggunakan desain pretest-posttest control group, di mana kelompok eksperimen menerima kombinasi pengajaran tradisional dan program fisika berbasis web, sementara kelompok kontrol hanya menerima pengajaran tradisional.

Variabel Bebas dan Terikat

  • Variabel Bebas: Penggunaan program fisika berbasis web dan metode pengajaran tradisional.
  • Variabel Terikat: Tingkat kesalahpahaman siswa tentang konsep gaya dan gerak.

Metode Analisis
Menggunakan analisis kovarians multivariat (MANCOVA) untuk menentukan pengaruh program berbasis web terhadap penurunan kesalahpahaman siswa, serta analisis interaksi antara variabel bebas dan faktor lain seperti jenis kelamin dan tingkat pengetahuan awal.

Refleksi Diri
Penelitian ini menyoroti pentingnya pengajaran yang menggabungkan teknologi untuk mengatasi tantangan dalam pendidikan fisika. Namun, keterbatasan studi ini termasuk kurangnya sampel acak dan durasi pelatihan guru yang pendek.

Saran

  1. Penelitian lebih lanjut dengan populasi yang lebih beragam dan metode pengambilan sampel acak untuk meningkatkan generalisasi hasil.
  2. Pengembangan program fisika berbasis web yang lebih interaktif dan spesifik untuk berbagai topik fisika.
  3. Pelatihan intensif bagi guru untuk meningkatkan efektivitas implementasi program dalam kelas.
  4. Studi lanjutan yang membandingkan berbagai platform pembelajaran berbasis teknologi untuk memahami pengaruhnya terhadap pembelajaran fisika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Artikel - LBF 1

PRESENTASI_KELOMPOK 4_IMPLEMENTASI BELAJAR BERDASARKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TUTORING, DAN STRUCTURING SMALL-GROUP WORK

Analisis Artikel Metode Penelitian_1