ANALISIS ARTIKEL - METPEN 12

   Yok simak analisis artikel berikut👇👇




KLIK DISINI 

Novelty / Kebaruan

Penelitian ini membandingkan efektivitas penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire dengan PowerPoint dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls. Kebaruan terletak pada penerapan media Lectora Inspire yang dianggap lebih menarik dan interaktif dibandingkan PowerPoint di konteks pembelajaran fisika tingkat SMA.

Analisis Kritis

Judul : 
Perbandingan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Lectora Inspire dan PowerPoint pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X SMAN 3 Muaro Jambi

Tujuan Penulis : 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa lebih tinggi saat menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire dibandingkan dengan PowerPoint pada materi Momentum dan Impuls.

Materi yang digunakanMomentum dan Impuls.

Fakta-fakta artikel berkaitan dengan desain penelitian bagian :

  • Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.
  • Desain Penelitian menggunakan Penelitian menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Ada dua kelompok:
      • Kelompok eksperimen: menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire.
      • Kelompok kontrol: menggunakan media PowerPoint.
        Kedua kelompok diberi pretest dan posttest untuk mengukur motivasi belajar sebelum dan setelah perlakuan.
    • Sumber data dalam Data diperoleh dari siswa kelas X MIA SMAN 3 Muaro Jambi, menggunakan teknik cluster sampling. Populasi adalah seluruh kelas X MIA, dengan sampel dari kelas yang memiliki rata-rata motivasi homogen.

    Variabel Terikat

    Motivasi belajar siswa. Data motivasi diperoleh melalui angket tertutup dengan skala Likert.

    Variabel Kontrol

    Model pembelajaran yang digunakan yaitu berbasis Problem-Based Learning (PBL), diterapkan pada kedua kelompok untuk menjaga konsistensi metode.

    Refleksi Diri :

    Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Lectora Inspire memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan PowerPoint. Hal ini sejalan dengan teori bahwa media yang lebih interaktif dapat lebih efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

    Saran:

  • Untuk Penelitian Selanjutnya: Media pembelajaran dapat dikembangkan dengan menambahkan animasi yang lebih menarik atau kuis interaktif.
  • Untuk Praktik Pembelajaran: Media Lectora Inspire dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa di materi lain.
  • Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Analisis Artikel - LBF 1

    PRESENTASI_KELOMPOK 4_IMPLEMENTASI BELAJAR BERDASARKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TUTORING, DAN STRUCTURING SMALL-GROUP WORK

    Analisis Artikel Metode Penelitian_1