ANALISIS ARTIKEL - METODOLOGI PENELITIAN 2

Yokk simak penjelasan analisis artikel berikut๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡


Novelty/Kebaruan: 
Pengaplikasian filsafat retorika Aristoteles dalam konteks pendidikan modern, dengan fokus pada peningkatan kemampuan public speaking dan komunikasi di kalangan pendidik dan siswa. selain itu menunjukkan bagaimana prinsip-prinsip retorika logika, etika, dan emosional dapat digunakan untuk membentuk karakter dan moral peserta didik, sehingga relevan dalam menghadapi tantangan sosial dan pendidikan saat ini.

Analisis Kritis

Judul :

ANALISIS FILSAFAT RETORIKA ARISTOTELES DALAM MENINGKATKAN KEMAPUAN PUBLIC SPEAKING DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROSES KEGIATAN PEMBELAJARAN 

Tujuan Penulis :

Tujuan penulis dalam artikel ini adalah untuk menjelaskan pandangan Aristoteles mengenai pendidikan dan bagaimana pendidikan dapat membentuk karakter serta moral individu. Selain itu, penulis juga ingin menggali pemikiran Aristoteles tentang retorika, serta menunjukkan bagaimana penerapan prinsip-prinsip retorika dapat meningkatkan kemampuan public speaking, sehingga dapat mendukung interaksi dan komunikasi yang lebih efektif di lingkungan pendidikan.

Fakta-fakta artikel berkaitan dengan desain penelitian bagian 1 :

  • Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif 
  • Desain penelitian yang digunakan adalah library research
  • Sumber data dalam penelitian ini antara lain yang utama berasal dari literatur yang diakses secara online dan buku-buku di perpustakaan nasional. Penulis memanfaatkan sumber-sumber ini untuk mengeksplorasi filsafat retorika Aristoteles serta relevansinya dalam pendidikan, sehingga dapat menghasilkan pemahaman yang komprehensif tentang topik tersebut.


Refleksi Diri :

Setelah membaca penelitian mengenai penerapan teori belajar kognitif Paulo Freire dalam sistem pendidikan di Indonesia, pembaca merasa semakin menyadari betapa pentingnya peran retorika dalam pendidikan, tidak hanya sebagai keterampilan berbicara, tetapi juga sebagai alat untuk membentuk karakter dan moral peserta didik. Mendorong pembaca untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip retorika dalam praktik pengajaran agar dapat menyampaikan materi dengan lebih efektif dan meningkatkan interaksi di kelas. Selain itu, pembaca diingatkan akan tanggung jawab etis sebagai peneliti dan pendidik untuk menggunakan sumber yang kredibel dan menyajikan informasi secara objektif. sehingga termotivasi untuk terus mengembangkan kemampuan public speaking agar dapat menerapkan prinsip-prinsip retorika dalam kehidupan sehari-hari dan konteks profesional.

 

Saran:

Menyelenggarakan pelatihan public speaking yang mengintegrasikan prinsip-prinsip retorika Aristoteles, serta memasukkan materi retorika dalam kurikulum untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Selain itu, penggunaan media interaktif dalam pembelajaran, seperti simulasi debat, dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Evaluasi dan umpan balik yang konstruktif setelah kegiatan berbicara juga penting untuk pengembangan keterampilan dan dapat mengundang praktisi atau pembicara publik untuk berbagi pengalaman dapat memberi wawasan baru bagi siswa tentang penerapan retorika dalam konteks profesional.


Gimana bro and sis mengenai analisis artikel tersebut ayok komen sebanyaknyaa

Terima Kasih Sudah Mampirrr

by Monika Ruth Cahayana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Artikel - LBF 1

PRESENTASI_KELOMPOK 4_IMPLEMENTASI BELAJAR BERDASARKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TUTORING, DAN STRUCTURING SMALL-GROUP WORK

Analisis Artikel Metode Penelitian_1