ANALISIS ARTIKEL - METPEN -13
Yok simak analisis artikel berikut👇👇
Novelty / Kebaruan
Kebaruan penelitian ini terletak pada penerapan strategi Homogeneity Psycho Cognition (HPC), yang menekankan pembelajaran berbasis kelompok homogen kognitif, untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada topik fluida statis. Selain itu, penelitian ini mengintegrasikan unsur etnofisika, menghubungkan konsep fisika modern dengan kearifan lokal Maluku, yang jarang diterapkan dalam pendidikan fisika di Indonesia.
Analisis Kritis
Judul :
The Effect of Homogeneity Psycho Cognition Strategies on Students' Understanding of Physics Concepts in Static Fluid Topics
Tujuan Penulis :
Penulis bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dalam menyelesaikan masalah konseptual terkait fenomena fluida statis dengan menggunakan strategi Homogeneity Psycho Cognition (HPC). Penelitian ini juga membandingkan efektivitas HPC dengan metode pembelajaran konvensional.
Fakta-fakta artikel berkaitan dengan desain penelitian bagian :
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen Desain Penelitian menggunakan Penelitian menggunakan desain nonequivalent control group.
- Sumber data dalam Data diperoleh dari mahasiswa semester 1 (kelompok eksperimen) dan semester 3 (kelompok kontrol). menggunakan ANACOVA
Variabel
- Variabel Terikat: Pemahaman konsep fisika siswa.
- Variabel Bebas: Strategi pembelajaran (HPC vs. metode konvensional).
- Variabel Kontrol: Materi ajar, waktu belajar, dan instrumen pengujian yang sama untuk kedua kelompok.
Refleksi Diri :
Strategi HPC terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Artikel memberikan wawasan baru terkait pentingnya pembelajaran berbasis homogenitas kognisi dan penerapannya pada topik fisika.
Saran:
penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengeksplorasi aplikasi strategi HPC pada topik fisika lainnya.
Komentar
Posting Komentar